MEKANISME PENGAMANAN SEGEL DEWA YANG MENGELIMINASI APA DAN SIAPA PUN DI SEKITARNYA!


Pendulum summon merupakan salah satu cara mudah bagi pemain untuk bisa menghadirkan monster berlevel tinggi ke field, bahkan lebih dari satu monster dalam sekali pemanggilan. Meski begitu, dengan master rule 4 yang sedang berlaku sekarang, pemanggilan simultan monster level tinggi tersebut hanya dapat dilakukan dengan cukupnya ketersediaan kartu monster di tangan, itu pun bila memang tidak ada monster zone yang sedang ditunjuk arrow link monster. Oleh karenanya akan lebih berhati-hati lagi bagi pemain untuk membawa monster level tinggi jika memakai deck yang berbasis pendulum summon. Namun ada satu archetype yang mampu menghilangkan kecemasan pemain dalam menyertakan monster-monster level tinggi ke dalam deck-nya, dan inilah dia, Qli.

KARAKTERISTIK

Qli merupakan archetype atau kumpulan monster type Machine dengan attribute EARTH yang terbagi menjadi dua sub-archetype yakni Qliphort yang diisi oleh pendulum monster serta Apoqliphort yang terdiri dari efect monster. Jajaran monster-monster dari archetype ini memiliki bentuk berupa kapal udara dengan kokpit yang tampak seperti mata tunggal (illuminati).

GAYA PERMAINAN


Untuk archetype yang berfokus pada pendulum summon, para pendulum monster Qli memiliki scale yang terbagi pada scale 1 dan scale 9, di mana untuk scale 1 memiliki efek pendulum menambah ATK monster pemain sebesar 300 poin dan scale 9 memiliki efek pendulum mengurangi ATK monster lawan sebesar 300 poin. Lalu ciri khusus yang melekat pada archetype ini yaitu para effect pendulum monsternya yang memiliki level tinggi namun masih dapat di-normal summon dengan cost pengurangan level menjadi level 4 dan ATK menjadi 1800 poin. Ditambah, beberapa di antaranya memiliki efek tambahan ketika dipanggil menggunakan tribute ataupun dijadikan tribute untuk pemanggilan monster Qli lainnya.



Tujuan utama deck ini selain untuk memenuhi field dengan banyaknya monster Qliphort, yakni memanggil monster Apoqliphort ke field dengan menggunakan tiga tribute, di mana masing-masing monsternya memiliki efek yang begitu mengerikan.



Archetype ini juga memiliki spell dan trap yang mendukung untuk pemanggilan monster Qli yang memerlukan tribute. Di antaranya equip spell Saqlifice yang efeknya selain menambah ATK dan proteksi dari kehancuran akibat serangan, juga membuat monster Qli yang di-equip-nya diperlakukan sebagai 2 tribute. Setelah itu ada field spell Laser Qlip yang bisa menambah kesempatan pemain untuk melakukan satu kali normal summon monster Qli tambahan ke field. Dan yang terakhir adalah trap Qlife’s End yang setelah diaktifkan maka trap tersebut akan menjadi satu monster yang bisa diperlakukan sebagai tiga tribute jika dipakai untuk pemanggilan monster Apoqliphort.

LINK MONSTER DAN KEGUNAANNYA

Pengurangan level sekaligus ATK point yang ada pada sebagian besar monster Qli membuat pemain belum bisa mengeluarkan potensi dari archetype ini secara penuh, dan karena pengurangan tersebut merupakan sebuah efek dari monster, maka hal tersebut bisa ditiadakan jika efek dari sang monster ditangkal. Itu sebabnya, dengan kehadiran link monster Qliphort Genius, efek monster yang berupa pengurangan tersebut bisa dinegasi melalui efek dari link monster ini, bahkan sekaligus ikut menegasi efek satu kartu face-up lawan di field. Di samping itu jika ada dua monster yang di-special summon ke arah link arrow monster ini secara bersamaan, maka pemain dapat menambahkan ke tangan satu kartu monster type Machine berlevel 5 ke atas. Dan satu lagi, bila link monster ini dipanggil ke field dengan cara link summon, maka akan mendapat kekebalan dari efek spell, trap dan link monster lainnya.

Berikut adalah salah satu kombo yang mengefektifkan efek dari link monster Qliphort Genius:



Bila telah ada dua monster Qliphort di field dengan Qliphort Monolith dan Qliphort Scout sudah terpasang di masing-masing pendulum zone, lakukan link summon monster Qliphort Genius menggunakan dua monster Qliphort tadi. Setelah itu, aktifkan efek pendulum monster Qliphort Scout untuk menambahkan kartu Qli apa pun dari deck ke tangan dengan cost 800 LP (usahakan kartu yang bisa mengantisipasi pergerakan lawan), dan set kartu tersebut ke field. Kemudian lakukan pendulum summon dua monster Qliphort yang digunakan untuk link summon sebelumnya dari extra deck ke masing-masing main monster zone yang ditunjuk oleh link arrow Qliphort Genius. Efek Qliphort Genius pun terpicu dan tambahkan satu monster Apoqliphort dari deck ke tangan dengan efek tersebut. Karena telah ada 3 monster Qli di field, lakukan normal summon monster Apoqliphort ke field. Nantinya ketika end phase berlangsung, efek pendulum Qliphort monolith pun terpicu akibat pemanggilan dengan tiga tribute, sehingga pemain mendapat tambahan tiga draw kartu.

REKOMENDASI DECK



Main Deck
Monster
Spell
Apoqliphort Tower X 2
Laser Qlip X 2
Apoqliphort Skybase X 1
Saqlifice X 3
Qliphort Shell X 3
Trap
Qliphort Stealth X 3
Re-qliate X 2
Qliphort Chepalopod X 3
Qlipper Launch X 3
Qliphort Disk X 3
Qlife's End X 3
Qliphort Carrier X 3
Qlimate Change X 2
Qliphort Helix X 3
Qliphort Monolith X 3
Qliphort Scout X 3
Extra Deck
Link Monster
Qliphort Genius X 3

Dengan kekuatan deck yang berkisar pada pendulum summon, maka ketersediaan kartu-kartu monster di tangan pemain juga perlu untuk dijaga, itu sebabnya trap Qlimate Change dibutuhkan untuk mengembalikan hingga tiga monster Qli yang ada di extra deck ke tangan pemain. Lalu untuk memperkuat daya tempur maupun pertahanan pemain saat battle phase, pada deck ini tersedia trap Qlipper Launch yang selain berguna menambah ATK 300 poin ke seluruh monster Qli yang dipanggil secara normal, namun juga memberi kekebalan terhadap spell juga trap, bahkan terhadap efek monster Qli itu sendiri (pengurangan ATK dan level). Sebagai antisipasi tambahan, continuous trap Re-qliate juga memiliki kekuatan yang mampu meniadakan efek setiap monster level 4 yang dipanggil secara normal maupun flip, di mana itu akan menguntungkan monster Qli pemain sekaligus merugikan monster lawan lainnya, dan efek ini dapat berimbas pada monster berlevel 5 ke atas ketika monster tersebut berada di field dengan cara special summon.

Komentar

Postingan Populer