KAKOI ...! RAS IBLIS KEGELAPAN MENGUKUHKAN DOMINASINYA DI DUNIA YU-GI-OH!
Dalam serinya, Yugi sebagai tokoh utama kerap menggunakan kekuatan kegelapan yang ada pada dirinya, bahkan monster yang dimilikinya kebanyakan berbasis kekuatan kegelapan, di mana salah satunya yang cukup populer adalah Summoned Skull. Ya, siapa yang tidak kenal dengan monster iblis yang punya ATK 2500 ini, sebagai salah satu monster terkuat Yugi, Konami pun membuatkan archetype dari ras iblis ini, yang sayangnya terpisah dari Summoned Skull itu sendiri. Dan kali ini, saya akan membahas salah satu archetype yang paling pertama diperkenalkan pada permainan kartu Yu-Gi-Oh! lewat booster pack Crimson Crisis. Tidak lain, tidak bukan, inilah dia Archfiend.
KARAKTERISTIK
Archfiend atau pada seri OCG disebut Daemon (デーモン) adalah archetype atau kumpulan kartu ber-type Fiend dan cenderung ber-attribute DARK. Ciri monster yang ada pada archetype ini memiliki sosok menyerupai iblis dengan penampakan rangka tulang-belulang pada tubuh bagian luarnya. Meski memiliki sub-archetype (Red Dragon Archfiend) dan sub-series-nya sendiri (Summoned Skull), namun untuk spesifiknya, para monster Archfiend mengambil tema dan istilah dunia percaturan, baik itu dari bidak-bidaknya maupun terminologi dalam permainan catur itu sendiri, hal tersebut cukup tampak dari penamaan serta gambar latar pada kartu-kartunya.
GAYA PERMAINAN
Sebagian besar atau bahkan dapat dikatakan sebagai ciri khusus kartu-kartu monster dari archetype ini adalah efek pelindungnya dari penargetan efek kartu lawan, di mana masing-masing aktivasinya menyesuaikan pada hasil lemparan dadu, seperti pada monster Darkbishop Archfiend yang bisa melakukan proteksi ke monster Archfiend apa pun asalkan hasil lemparan dadunya menunjuk angka 1, 3 atau 6.
Di samping itu, beberapa monster Archfiend berlevel 4 memiliki ATK yang cukup tinggi meskipun itu disertai cost LP ataupun syarat saat berada di field, contoh pada monster Archfiend General yang membutuhkan field spell Pandemonium agar tidak hancur ketika di-summon, namun di sisi lain, efek kartu field spell itu sendiri berguna untuk menangkal cost LP para monster Archfiend yang aktif saat standby phase.
Dan dari kesemuanya itu, kekuatan dari deck Archfiend yang paling memberi dampak ialah kemampuannya yang berfokus pada graveyard, khususnya dalam melakukan special summon dari graveyard. Terlebih, monster yang dibangkitkan bisa berupa monster dengan level tinggi. Terdapat bermacam kartu dari archetype ini yang bisa melakukan special summon dari graveyard tersebut, baik itu melalui efek kartu monster, spell maupun trap. Archfiend’s Roar dan Call of the Archfiend merupakan trap card yang paling efektif untuk digunakan pada deck ini karena memiliki potensi menciptakan kombo yang bisa menguasai permainan.
LINK MONSTER DAN KEGUNAANNYA
Sebagian besar monster maupun spell/trap dari archetype Archfiend membutuhkan cost LP, entah itu untuk syarat aktivasi kartu ataupun kontinuitas keberadaan dari kartu tersebut di field, begitu pula dengan efek yang membuat monster terkirim ke graveyard. Terkadang hal semacam itu menjadi kekurangan dan beban saat menggunakan deck Archfiend, akan tetapi dengan hadirnya link monster Masterking Archfiend, pemain dapat mengubah kekurangan dan beban tersebut menjadi sebuah peluang untuk memenangkan duel.
Berikut adalah salah satu kombo yang mengefektifkan efek dari link monster Masterking Archfiend:
Bila Masterking Archfiend telah terpanggil ke field sebelumnya, normal summon monster Archfiend Emperor, the First Lord of Horror dengan cost pemotongan separuh ATK dan DEF, setelah itu special summon Archfiend Commander dan jadikan Archfiend Emperor, the First Lord of Horror sebagai cost untuk dihancurkan, dengan ini efek dari Masterking Archfiend pun terpicu sehingga dalam rangkaian chain-nya, dadu dapat digulirkan, dan jika yang keluar adalah angka 6, maka Archfiend Emperor, the First Lord of Horror akan bangkit kembali ke field dengan kekuatan penuh tanpa pemotongan ATK maupun DEF.
Main Deck
|
|
Monster
|
Spell
|
Archfiend Emperror, the First Lord of
Horror X 3
|
Pandemonium
X 2
|
Imprisoned Queen Archfiend
X 1
|
Archfiend Palabyrinth
X 2
|
Archfiend Commander
X 3
|
Archfiend’s Oath
X 2
|
Archfiend General
X 3
|
Axe of Despair
X 2
|
Terrorking Archfiend
X 3
|
Falling Down
X 3
|
Shadowknight Archfiend
X 3
|
Trap
|
Infernalqueen Archfiend
X 2
|
Archfiend’s Roar
X 3
|
Archfiend Cavalry
X 2
|
Call of the Archfiend
X 2
|
Archfiend Heiress
X 3
|
|
Desrook Archfiend
X 2
|
|
Extra Deck
|
|
Link Monster
|
|
Masterking Archfiend
X 3
|
Pada deck ini juga dilengkapi oleh beberapa kartu untuk penambah kartu ke tangan, seperti monster Archfiend Heiress yang ketika terkirim ke graveyard maka dapat menambahkan kartu Archfiend dari deck ke tangan, sehingga peluang untuk menciptakan kombo lebih mudah diraih. Selain itu, guna menggebrak pada giliran awal, equip spell Axe of Despair (Daemon's Axe pada versi OCG) bisa dipakai pada monster level 4 sehingga ATK-nya dapat bertambah 1000 poin. Penambahan ATK serupa bisa pula dilakukan oleh monster Infernalqueen Archfiend dan Imprisoned Queen Archfiend yang efeknya baru akan aktif sewaktu standby phase. Dan untuk berjaga-jaga, equip spell Falling Down yang dapat pemain gunakan ketika berhadapan dengan lawan yang menggunakan monster dengan ATK lebih tinggi. Monster tersebut bisa diambil alih kendalinya asalkan pemain memiliki kartu Archfiend lainnya di field.
Komentar
Posting Komentar
sebelum anda pergi,ada baiknya anda tinggalkan komentar!
no junk,no spam, and no sara