MACAM-MACAM PLAYSTYLE ZOMBIE DECK, YANG MANA PALING KAMU SUKAI?

ZOMBIE...!, mendengar katanya saja membuat merinding teringat akan film-film yang sering berseliweran di layar kaca kita yaitu tentang wabah kehancuran dunia, dimana manusia yang terinfeksi akan memakan manusia yang belum terinfeksi, tapi bukan zombie itu yang akan kita bahas.Ialah zombie yang ada di dunia YU-GI-OH.
Mereka cukup populer dikalangan para dueliest dengan kemampuan utama yang bisa dipanggil beberapa kali dari graveyard adalah hal terunik  dan menjadi daya tarik untuk mereka sendiri, gak cukup sampai di situ,kemampuan swarm beberapa monster entah dari deck,hand, yang bisa memanggil monster-monster zombie dengan effect sakti dengan sangat mudahnya, sangat flexible. Menambah nilai ples untuk deck para undead ini. gak heran para duelist pun gak pernah bosan memainkannya.
Saking flexiblenya, banyak sekali playstyle yang dimiliki, kalau belum mengerti apa itu playstyle, singkatnya adalah gaya permainan duel yang akan kamu jadikan untuk mencapai kemenanganmu.

ayo langsung aja gak perlu basa-basi beberapa macam playstyle yang ada di zombie deck :

YANG PETAMA
  •  DECK ZOMBIE TUKANG GEBUK (BEATDOWN/AGRO)
Gak mungkin nih agan-agan para duelist gak tau sama deck tukang pukul, udah banyak banget tersebar diberbagai archethype macam blue-eyes, galaxy,lunalight etc.Bisa diketahui ciri-cirinya dan itu jelas banget diantaranya ATK yang gede-gede 3000 keatas,bisa boost up ampe 5000 lebih, sekali battle damage yang diterima gede dan jelas minus kartu yang ada effect negate-nya, nah zombie deck juga punya dan playstylenya gak kalah sadis sama deck yang ane sebutin di atas ^^, baikalah coba perhatikan gambar yang ane perlihatkan :
  1. ENDLESS DECAY, nih doi jarang muncul di ygopro mskipun begitu effectnya cukup mengerikan banget bisa ambil ATK sejumlah setengah dari LP lawan, di single duel bisa nyampe max 4000 ATK kalo LPnya 8000, coba bayangin kalo mainnya di tag, bakal nyentuh 8000 tuh, makin brutal kalo ada Inferno Rekless Summon bisa nyampe ada 3 ekor Endless Decay dengan ATK 8000
  2. KING of THE SKULL SERVANT DKK, kalo sendirian sih lemah cupu banget ATKnya juga 0 tapi kalo ada kawan-kawannya bisa berabe gan, para genk tengkorak ini kuat banget kalo barengan, dengan nama anggotanya Wight prince, The Lady In The Wigh, Wightmare, Skull Servant, dan Wightprincess. Mereka harus stay di graveyard agar ATK King of The Skull Servant dapet boost ATK yang super guede, gak tangung-tanggung, ATK 10000 juga nyampe padahal awalnya cupu banget, special buat The Lady In The Wigh kalo dia stay di field bakal bikin kebal effect spell sama trap dan juga zombie lv 3 kebawah bakal survive sama serangan battle kecuali dia sendiri, dengan dibekali DEF 2200 ckup kuat untuk menahan serangan dan stay lama di field, meskipun pada akhirnya mati karena serangan destroy atau battle, yang namanya zombie pasti bakal kembali lagi dari graveyard itu di karenakan support revive zombie deck dari kuburan banyak banget macam Mezuki, Book of Moo Life dsb.
  3. DRAGRONECRO NETHERSHOUL DRAGON, tukang gebuk dengan ATK 3000 dengan effect bawaan kalo nyerang monster punya orang bisa summon token dengan total attack monster tersebut tapi monster lawannya gak hancur gan dan membuat monster yang di attacknya jadi 0, meskipun dengan keaadaan seperti itu, itu artinya sang pemilik  Dragonecro Nethershoul Dragon bisa memberikan damage lebih terhadap LP lawan.
  4. NUMBER 22: ZOMBIESTEIN : tukang gebuk zombie monster dengan attack orignal yang paling besar diantara zombie lainnya yaitu ATK 4500, setara dengan Blue-Eyes Ultimate White Dragon. Pemanggilannya mudah sekali bisa diakses lewat zombie monster effect Tristan,Knight of The Underworld sama Isolde,Belle of the Underworld, di deck lain juga boleh asal monster typenya  Dark seperti Darkworld Archetpe.
  5. RED-EYES ZOMBIE NECRO DRAGON, Monster archetype Red-Eyes yang telah terjatuh kedalam kegelapan zombie world dan berubah menjadi zombie, memiliki effect boost 100 ATK untuk setiap zombie yang ada disemua graveyard, .Itu artinya jika ada field spell card Zombie World,Tukang pukul ini akan terus bertambah ATK-seiring bertambahanya monster di graveyard.
Untuk monster zombie tukang gebuk mungkin itu saja yang ane tau, kalo agan-agan tau monster zombie lainnya dengan ATK kaya gajah nanti kasih tau ya di komentar!, ok kita lanjut aja ke playstyle yang berikutnya.

YANG KEDUA 
  •  DECK ZOMBIE CONTROL
Playstyle yang seperti ini gak lama baru keluar, sekitar 1 tahun kebelakang lah kira kira untuk para zombie, Control sendiri bertujuan untuk mencegah player lawan untuk melancarkan kombonya, seperti menegate, banish di tengah-tengah jalannya kombo, memiliki ciri-ciri kartu effect seperti (Quick Effect), During either player's turn, nah Zombie control pun gak kalah nyebelinnya sama deck control yang lainnya. pengen tau siapa aja mereka? :
  1. DOOMKING BALERDROCH, nih kartu adalah zombie monster yang paling populer dikalangan para duelist untuk pecinta monster undead, karena effectnya yang super dahsyat siapapun akan terlena akan kesaktian monster bangkai yang satu ini, punya 3 kemampuan yang dimiliki oleh monster  ini, pertama bisa revive di standby phase setelah dia hancur karena battle atau effect, selama ada field spell Zombie World di arena,kedua negate monster once per turn, asalkan ada zombie monster yang effectnya aktif, selama ada Zombie World smua monster akan dijadikan zombie, dan itu akan bersynergi dengan Doomking Balerdroch, ketiga bisa banish 1 monster asalkan zombie monster yang effectnya aktif, sama seperti di skill kedua, harus ada Zombie World agar effectnya aktif secara maksimal. Para loli handtrap juga ngeselin banget sangat cocok digunakan di deck apa aja meskipun mereka dari keluarga zombie, kecuali untuk Ghost Ogree & Snow Rabbit yang bertipe pyshic, entah kenapa apa maksudnya Konami membuatnya berbeda dari kalangan loli-loli yang lain,tapi g bakal ngaruh banget kok mereka tetap populer sampai sekarang.
  2. VENDREAD, setengah dari kekutan archetype ini adalah kontrol, dengan mengandalkan pemanggilan berupa ritual dan material ritualnya akan menambahkan effect terhadap ritual monster yang dipanggilnya jika menggunakan Vendread monster sebagai tumbal, kita ambil contoh aja salah satu boss besar archetype Vendread yaitu Revendread Slayer jika dipanggil sebagai ritual monster dan menggunakan Vendread Revenant dan Vendread Houndhorde, bisa menghilangkan kartu menyebalkan punya lawan, yaitu Vendread Revenant akan memberikan kemampuan banish 1 monster lawan dan Vendread Houndhorde akan memberikan kemampuan banish 1 spell dan trap, terlebih lagi jika anda men-set sebelumnya kartu Vendread Daybreak, bisa bikin kalang kabut player lawan saat gilirannya tiba, kenapa? karena tau-tau udah rata aja kartu yang ada di field alias dilibas bersih karena effect Vendread Daybreak kecuali ritual monster Vendread. Vendread Reorigin g kalah penting di deck Vendread, effectnya bisa mengacaukaun combo punya kartu monster lawan, sebelum jadi link monster atau xyz, Vendread Reoirigin akan maksimal penggunaanya jika diaktifan dari awal kemunculannya di field sebelum menjadi material dari monster Extra zone.
YANG KETIGA
  • DECK ZOMBIE HORDE/SWARM
Deck yang seperti ini yang seperti ini bertujuan men-special summon sebanyak-banyaknya ampe penuh fieldnya pun bukanlah hal yang susah untuk deck zombie yang satu ini nih, entah sebutannya bener apa kagak, kalo menurut saya deck zombie ini adalah deck zombie horde gak tau menurut agan sebutannya apa perbedaan pendapat atau pandangan sudah menjadi hal yang biasa, iya gak gan?. Intinya semua yang dispecial summon adalah monster yang typenya sudah berubah menjadi zombie. lumayan susah buat ngalahin deck yang isinya para undead ini, tiap kali hancur ke kuburan pasti bangkit lagi dan lagi itu chance ratenya tinggi banget kalo field spell zombie masih aktif.
Nih gan sudah saya kasih gambar buat list kartunya, semua kartu-kartu monster zombie di atas memiliki kemampuan memanggil zombie monster di graveyard entah di grave kita maupun lawan. Kalo untuk format MR4 yang sekarang biasanya zombie-zombie hasil colongan tersebut suka dijadikan fodder link material, coba deh bayangin! rasanya kesel banget kalo monster kita dicolong terus disummon dan dipakai sebagai material extra monster punya lawan, kampred bener emang deck yang satu ini, kalo jaman dulu waktu masih mr3 gak terlalu eksplosif sih, soalnya kalo dijadiin material synchro dan xyz cukup sulit untuk persyaratannya, nah kalo link tinggal disend aja gak perlu ada yang namanya penjumlahan level atau jumlah level yang sama.

YANG KE-EMPAT 
  • DECK ZOMBIE DESTRUCTION
Kartu kuncinya ada pada kartu monster bernama Soul-Absorbing Bone Tower, secara doi punya effect yang rada ngeri untuk effect jombi-jombi monster yang lainnya, ketika ada zombie monster yang dispecial summon, maka Soul-Absorbing Bone Tower akan memaksa deck lawan untuk membuang 2 kartu dari deck untuk setiap special summon zombie yang ada di field. Kalo dipikir2, special summon dalam jumlah yang intense atau terus-terusan di zombie deck bukanlah hal yang sulit loh, untuk normal player biasanya punya 40 kartu di deck dan 5 sudah ada di tangan, kalau dihitung maka Soul-Absorbing Bone Tower membutuhkan setidaknya 16x special monster zombie agar bisa deck out. sedangkan agan tau sendiri kan deck zombie itu kebanyakan seperti apa. Special summon sana-sini dan kalo udah ada nih doi di field gak kebayang frustasinya dipihak lawan.


YANG KELIMA
  •  DECK ZOMBIE BURN 
Sangat disayangkan sekali, deck zombie yang satu ini sangat sepi peminat mesikupun hanya satu-satunya archetype zombie yang memiliki kemampuan untuk burn terhadap lawan tetap saja masih gak kuat ngelawan meta yang sekarang, dan setelah saya tela'ah lebih dalam sepertinya banyak effect negatif yang dimiliki deck zombie burn ini, yaitu setelah effect burn skull flame gak bisa conduct battle phase, dan juga recovery hand yang minim sangat boros karena salah satu dari monsternya memiliki effect yaitu mengambil Burning Skull Head sebagai pengganti draw phase. padahal udah wow banget loh saat muncul pertama di Yu-Gi-Oh anime 5ds tapi ternyata ekspetasi tak seusai dengan realita. sedih liatnya deck-deck yang seperti bakal hanya menjadi kaya tumpukan sampah dan
tertimbun sama meta-meta yang superpower :( .

YANG KE-ENAM
  • DECK ZOMBIE XYZ 
Deck Zombie ternyata punya play based xyz-nya loh, menurut gw gak terlalu cupu-cupu amat, lumayan tahan banting buat ngelawan meta-meta yang sekarang soalnya ada monzter xyz zombie yang punya effect negater dan itu ada dua, salah satunya udah dibahas pada deck zombie tukang gebuk yaitu NUMBER 22: ZOMBIESTEIN. Ya., doi ini sekaligus punya ATK besar 4500, ternyata punya effect negater juga dan satunya lagi ialah Number 23: Lancelot Dark Knight of The Underworld, Punya effect negater juga tapi bersifat mandatory artinya, punya kita juga bakal kena kalo mengaktifkan kartu effect saat dia masih ada di field dan itu bersifat automatis, kita gak bisa mengontrolnya. Bukan cuma negater aja dia juga bisa dirrect attack dengan bekal ATK 2000 damage yang diterima juga bakal lumayan sakit gak cukup disitu aja bray, habis itu dia bakal destroy satu monster, keren bukan? .Nah berikut ini adalah monster-monster yang bisa support untuk deck zombie xyz dan juga sebagai boss monsternya :
  1. TRISTAN, KNIGHT OF THE UNDERWORLD, Ini adalah kartu monster zombie yang paling penting untuk deck zombie xyz, dia berperan sebagai recovery monster dengan DEF 0 menambahkannya di tangan contohnya saja ISOLDE BELLE OF THE UNDERWORLD. setelah di add Isolde-nya kemudian di ss kembali lalu merubah level kedua monster zombienya sesuka hati, dan bisa mengakses monster xyz zombie yang berikutnya seusai keinginan.
  2. ISOLDE BELLE OF THE UNDERWORLD, berperan sebagai LV changer sehingga mempermudah akses monster zombie xyz apapun.
  3. ONI-FAMILLY, yang warna biru berperan sebagai reviver zombie lv 4 di graveyard, lalu yang warna kuning tugasnya cuma spam dari tangan dengan membuang 1 material xyz di field, gak terlalu berguna sih rada ampas effectnya terus yang warana merah bisa booster ATK untuk xyz monster sebesar 300 dan rank-nya dinaikin 1. mngkin agar enak nge-rank-up kali ya hmmm...
  • VAMPIRE JUGA XYZ ZOMBIE 
Mereka dari archetype Vampire, xyz monsternya pun OK punya,Bisa mengakses monster xyz antara rank 5-6. yang membuatnya keren mereka bisa revive tanpa bantuan Mezuki loh!.Tau sendiri kan Mezuki itu salah satu support wajib untuk pemakai deck zombie. Dan VAMPIRE adalah satu-satunya archetype dari keluarga zombie deck yang memiliki support counter card,sadis bukan!.

Nah ini gan kartu-kartu yang dibutuhkan untuk build deck Vampire
Dan ini para bossnya archetype Vampire :

Tidak lupa juga PILGRIM REAPER sering dipake para pemakai Vampire deck untuk xyz monstersnya, berperan sebagai mill engine, dan plusnya juga bisa menjadi penghancur deck untuk pihak lawan.
Dan satu lagi, meskipun bukan type zombie melainkan malah wyrm, tapi para duelist juga sering memanggil monster ini dari extra decknya untuk pemakai Vampire archetype.
 YANG KETUJUH
  • DECK ZOMBIE SYNCHRO
Deck zombie dengan playstyle yang seperti ini sudah lama sekali coy, udah bertahun-tahun sejak dulu sebelum era xyz datang, mulai populer setelah kemunculan anime Yu-Gi-Oh 5ds dimana monster synchro sebagai monster andalannya baik untuk sang protagonis dan antagonis. tapi baru-baru ini udah muncul archetype baru dalam bentuk  type-zombie dan para bossnya menggunakan metode pemanggilan menggunakan synchro summon, mereka adalah MAYAKASHI. Archetype yang berasal dari kebudayaan Jepang dengan mengambil tema para hantu, makhluk legenda,makhluk mitos. yang berlatar belakang negara Jepang. tapi sebelum ke MAYAKASHI, saya akan bahas dulu sesepuh synchro zombienya:

GAK TAU SEBUTANNYA APA UNTUK ZOMBIE SYNCHRO YANG SATU INI BWAHHAHAHA...

Karena dalam core-nya pun tidak terikat dalam satu archetype seperti Pyramid Turtle,Zombie Master,Goblin Zombie dll.
Kita langsung aja lah kepenjelasan singkat ya guys gak perlu banyak ching chong wkwkwk
  1. ARCHFIEND ZOMBIE-SKULL, effect-nya bikin kebal destroy karena effect untuk para kroco-kroco zombie yang ente kendalikan bray.
  2. Revived King Ha Des, semua monster lawan yang dibattle pake zombie yang ente punya effect-nya jadi memble guys alias gak bisa aktif, monster flip pun juga gak bisa ngapa-ngapain, lemas tak berdaya wkwkwkk.
  3. DOOMKAISER DRAGON, sepertinya gak perlu dijelasin lagi karena udah ada di post bagian atas tapi ada sedikit tambahan nih guys, monster yang satu ini effect-nya gak once-per-turn. Jadi selama dia bisa di revive, dia bisa jadi pelopor floodgate monster untuk era link yang sekarang.
  4. PSY-FRAMELORD OMEGA. doi bukan type zombie, tapi keberadaan dia sangat penting karena effect recovery-nya yang super, bisa balikin mezuki atau kartu-kartu support zombie yang lain yang terbanish.
  5. BEELZE of THE DIABOLIC DRAGON, bukan type zombie juga -_- tapi sering diabuse oleh para pemakai deck zombie ini sebagai benteng sekaligus pertahanan yang tidak mudah dihancurkan
  6. BEELZEUS of THE DIABOLIC DRAGONS, apalagi yang ini, versi upgradenya Beelze lv 8. ATK-nya 4000 DEF-nya juga 4000 udah power dikasih segeda gajah masih diberi kebal destroy pula. dan ada effect plusnya dari beelze yang biasa nih doi bisa recovery LV loh terus ngejadiin monster lawan jadi lemes dibikin 0, sayangnya nih monster dengan segudang kemampuan ternyata dia punya effect negatifnya yaitu cuma dia aja yang bisa menyerang, monster ente yang lain cuma dijadiin spektator wkwkwkwk.
Deck ini cukup populer di zamannya, sebelum era pendulum dateng udah banyak para duelist bermain zombie deck yang playstylenya random kaya gitu, summon ini summon itu ujung-ujungnya summon monster tembok macam Beelze, cukup ada dia di field aja, udah  bikin hati tentram dan nyaman dari gempuran attack monster punya musuh hehehe.
  • DECK ZOMBIE SYNCHRO MAYAKASHI
Untuk deck yang satu ini playstylenya unik, dimana kita akan melakukan synchro zombie terus-menerus seperti sedang melakukan leveling dalam game dimana semakin besar LV monster synchronya semakin bagus pula kemampuan monster yang dimilki. Level monster yang bisa kamu akses antara lain 3-5-7-9-11,setelah mencapai level maksimal biasanya para duelist akan langsung membuatnya sebagai link material untuk memanggil monster link archetype MAYAKASHI namanya YUKI ONNA, the ICE MAYAKASHI dan setelah itu sang duelist akan memunculkan monster synchro MAYAKASHI kembali dengan level tertinggi entah bagaimanapun itu caranya seperti menggunakan MEZUKI misal karena sebelumnya monster synchro MAYAKASHI telah terkirim ke graveyard karena dijadikan material link monster, setelah itu jika monster synchro MAYAKASHI hancur karena effect maupun battle maka mereka akan melakukan downgrade yang tadinya level tinggi menuju ke level lebih rendah.Dengan kemampuan deck mereka seperti itu, para duelist meng-abuse-nya sebagai kombo deck out dengan bantuan SOUL-ABSORBING BONE TOWER.




Hmmm pengennya sih mau nambahin satu lagi yaitu deck zombie ritual VENDREAD, tapi karena udah ane jelasin singkat di postingan sebelah atas kayaknya dah gak perlu lagi. Ane tau ko agan duelist cukup cerdas untuk memahami informasi meskipun dibahas dengan begitu singkat.
Ok dah  setelah mulai nulis nih artikal dari sebulan yang lalu, karena begitu banyak kegiatan di real life akhirnya bisa rampung juga yeay...!!! maap ya guys kalo selama ini ane telat update artikel baru -_-. kalo gitu mungkin cukup sampe disini dulu ya guys udah ngantuk nih karena ngeberesinnya pas lagi tengah malem hehehe.




KORE DE TARN ENDO DA!
 

Komentar

Postingan Populer